Perkembangan Teknologi di Indonesia dan Tantangan Yang dihadapi

Perkembangan Teknologi di Indonesia dan Tantangan Yang dihadapi

Bila bicara mengenai perubahan tehnologi di Indonesia, karena itu kita dapat ketahui jika perubahan tehnologi terjadi semenjak jaman pra-aksara. Sama seperti yang dikatakan oleh Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., MA., M.Phil., M.Sang., dalam seminar-online Acer Smart School Award di tanggal 17 Mei 2022 dengan topik “Peranan Vital Tehnologi Informasi Saat Membuat Pendidikan Berkualitas di Saat Depan”, Tehnologi tidak selamanya terus-terusan memiliki sifat elektronik atau digital, tetapi apapun itu sebagai alat tolong pada proses evaluasi termasuk tehnologi.

Faktanya ialah ditemukan lukisan gua yang telah berusia 44 ribu tahun di wilayah Sulawesi. Zaman dahulu, ketika orang tetap klik disini menulis di batu, ada papan tulis telah termasuk tehnologi. Masuk zaman kekinian, warga di Indonesia banyak mulai adopsi tehnologi yang di luar negeri seperti handphone, internet sampai beberapa inovasi yang sanggup mempermudah aktivitas kegiatan setiap hari.

Saat kita mengulas masalah tehnologi, sebetulnya Indonesia memiliki kesempatan yang lumayan besar. Namun membutuhkan kesadaran dan gerakan besar supaya inovasi tehnologi bisa jalan lebih maksimal. Perkembangan tehnologi yang makin cepat ini bukanlah cuma disebabkan karena makin bertambahnya beberapa ide yang tumbuh, tapi juga disebabkan karena transisi informasi yang lebih cepat lewat mesin pencari machine.

Karena itu, akan ada selalu ruangan untuk inovator-inovator baru gantikan perusahaan awalnya dengan inovasi yang lebih bagus hingga tidak perduli berapa kuat perusahaan lama itu bertahan, innovator baru atau kompetitor baru akan ada bersamaan dengan perubahan jaman.

Tehnologi sendiri ialah sesuatu yang tidak dapat dijauhi di kehidupan ini, karena perkembangan tehnologi akan jalan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan. Perkembangan tehnologi jadi tanda perkembangan sesuatu negara. Negara disebutkan maju bila memiliki tingkat kepenguasaan tehnologi tinggi.

Indonesia menjadi satu diantara negara dalam jumlah pemakai handphone paling besar ke-4 di dunia sesudah Cina, India dan Amerika. Sudah pasti ini harus jadi catatan untuk perubahan tehnologi di Indonesia dan menurut hasil studi terbaru menunjukkan jika siswa Indonesia menjadi satu diantara pemakai tehnologi paling tinggi di dunia ada dalam pendidikan.

Rintangan Yang Ditemui Dengan Mengembangnya Tehnologi
Pada sebuah perubahan tehnologi informasi dan inovasi di masa datang, pasti ada rintangan yang perlu ditemui. Berikut sejumlah hal yang mungkin terjadi dalam perubahan tehnologi dan komunikasi di masa datang yang memaksakan manusia untuk menyesuaikan.

Rintangan untuk Belajar Ketrampilan Baru
Perkembangan tehnologi memberikan kita rintangan untuk banyak belajar ketrampilan baru yang banyak dijajakan lewat online class. Ini akan membuat beberapa banyak muncul profesi baru yang masih belum ada sebelumnya. Sebutlah saja data scientist, website developer dll. Bila tidak manfaatkan rintangan dan kesempatan kali ini, dapat menjadi ketinggalan dengan negara lain.

Timbulnya Tugas Baru
Kecanggihan-kecanggihan tehnologi bikinan manusia, kemungkinan akan tutup tugas manusia dan munculkan tugas baru. Contohnya, bila dahulu memerlukan banyak petugas untuk jaga loket pembayaran pintu tol, saat ini dapat dilaksanakan dengan berdikari karena kontribusi tehnologi. Hingga harus manusia harus dapat menyesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *