Gus Baha ceritakan Rasulullah dan ulama saat menanggapi kehidupan di dunia

Gus Baha ceritakan Rasulullah dan ulama saat menanggapi kehidupan di dunia

Liputan6.com, Cilacap – Ulama populer yang disebut siswa kecintaan Mbah Moen, yaitu KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau kondang dengan panggilan Gus Baha menjelaskan panduan hebat supaya hidup tenang.

Menurut Gus Baha, bila panduan ini dipaktikkan, membuat hidup kita selalu tenang. Banyak manusia yang merasa takut dan khawatir akan masa datangnya. Seperti, takut besok dapat makan atau mungkin tidak.

Sesuatu hal yang banyak orang rasakan ini dapat dinetralisir kunci hidup tenang yang Gus Baha jelaskan.

Tetapi, bila perasaan takut kita padankan dengan ingat hadirnya kematian, sudah pasti tidak ada sesuatu hal yang penting dicemaskan.

Pasalnya kekuatiran akan masa datang atau hari besok itu sangat rancu bila disambungkan kematian yang hadirnya secara mendadak tanpa menanti hari besok.

Ini Tips-nya
Saat mengulas ini, Gus Baha bercerita ulama dulu saat menanggapi hidup. Mereka demikian gampang saat menanggapi hidup, karena menurut dia kehidupan di dunia cuma sesaat dan kita tidak mengetahui kapan kematian jemputnya.

“Ini, ulama dulu hitung hidup itu cuma, 2 menit, 2 detik, hingga ia mudah saja,” ceritanya seperti d ikutip dari YouTube Short @Seribudoa, Senin (20/05/2024).

Gus Baha menceritakan pola hidup Rasulullah yang sangat simpel dalam kehidupannya. Bahkan juga hingga Rasulullah SAW tidak mempersiapkan makanan untuk esok.

Menurut Rasulullah SAW, argumen beliau tidak mempersiapkan makanan untuk esok hari karena dianya tidak percaya jika umurnya sampai keesokan hari.

“Seperti Rasulullah SAW itu saat ditanyakan: “Ya Rasulallah mengapa tidak sediakan makan untuk esok, jawabannya: “Luh saya tidak percaya jika hidupku sampai esok,” kata Gus Baha.

“Ya telah tenang saja, jika anda kan memikirkan hidup empat tahun kembali, lima tahun kembali, menjadi kasus makan saja takut sekali,” paparnya.

Panduan Lain Supaya Hidup Tenang
Menukil NU Online, dalam kehidupan, ketenangan banyak dicari. Ya, ketenangan hidup. Uang banyak, kedudukan keren, ‎rumah djakartatoday.com bagus, kendaraan mahal tidak menjamin hidup tenang. Pada keadaan kebalikannya, tidak menjadi ‎garansi hidup tenang. Lantas seperti apakah Islam mengajari? Allah berfirman: ‎

Maknanya: ‎‏”‏Barangsiapa kerjakan kebijakan, baik lelaki atau wanita pada kondisi ‎beriman, karena itu pasti Kami beri padanya kehidupan yang bagus dan akan Kami berikan balasan ‎dengan pahala yang lebih bagus atas sesuatu yang sudah mereka lakukan.” (QS an-Nahl: ‎‏97‏‎)‎‎

Dalam ayat ini Allah menjamin akan memberikan kehidupan yang berbahagia dan sejahtera di dunia ‎kepada hamba-Nya, baik lelaki atau wanita, yang kerjakan amal saleh. Yakni semua ‎amal yang sama sesuai panduan Al-Qur’an dan Sunah Rasul, sedang hati mereka sarat dengan keimanan.‎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *